KOMPAK

KOMPAK
sayang..karena mau bubaran...kita foto bareng dulu

Minggu, 09 Oktober 2011

KODE ETIK PERAWAT DALAM PELAYANAN KESEHATAN JIWA

Konsep dasar keperawatan, dan dasar-dasar kode etik perawat sungguh luhur dan baik. Didalam buku kode etik keperawatan dijelaskan dasar-dasar etika keperawatan tentang hubungan perawat-klien, perawat praktek dan perawat masyarakat.
  Beberapa kutipan kode etik keperawatan: …...tanggung jawab utama perawat adalah kepada mereka yang membutuhkan asuhan keperawatan;… ……..perawat meningkatkan kompetensi…...memelihara mutu…..menerapkan pengetahuan dan ketrampilan….sesuai kebutuhan klien.
Apakah perawat telah mengetahuinya? Apakah perawat telah menjalankannya? Apakah monitoring dan evaluasi sudah dilakukan? Apakah perencanaan telah dibuat dan dilakukan agar perlakuan perawat berlandaskan konsep dasar dan kode etik keperawatan ? Atau pada kenyataannya kondisi bertolak belakang dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan dan terjadi perlakuan yang salah.

Contoh kasus perlakuan salah profesi perawat di RSJ :
Setelah satu bulan dirawat, keluarga datang berkunjung karena dapat panggilan dari RSJ terkait tunggakan biaya rawat. Perawat bangsal juga mendapat tembusan atas tunggakan
datang ke bangsal, perawat langsung mengatakan: “ibu, tolong bereskan uang rawat anak ibu, kalau tidak bisa anak ibu akan di drop (diantar pulang dari RSJ) lho bu!. Juga uang jajannya udah abis”.

Perlakuan yang diharapkan dari perawat adalah:
¨ Menjelaskan perkembangan kondisi klien dan peran serta keluarga yang diperlukan
¨ Menjelaskan kemampuan klien yang telah dicapai dan meminta keluarga mengevaluasi dan memberikan penguatan (pujian).
¨ Mendiskusikan peran serta keluarga dan persiapan perawatan di rumah.
¨ Menyepakati dengan keluarga tentang kunjungan berikut dan hal yang akan dibicarakan sehubungan dengan kondisi klien.

Dikutip dari buku Menanti empati terhadap orang dengan gangguan jiiwa– perlakuan salah profesi perawat dalam pelayanan kesehatan jiwa, Keliat B.A 2006.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar